Kanker Kandungan (bagian 2)

Kanker Kandungan

(Uterine Cancer)


Gejala-Gejala Kanker Kandungan

Kanker kandungan biasanya terjadi setelah menopause. Namun ia juga dapat terjadi sekitar waktu menopause mulai. Perdarahan vagina yang abnormal adalah gejala yang paling umum dari kanker kandungan. Perdarahan mungkin mulai sebagai suatu aliran cairan yang bergaris darah yang secara berangsur-angsur mengandung lebih banyak darah. Wanita-wanita jangan mengasumsikan bahwa perdarahan vagina yang abnormal adalah bagian dari menopause.
Seorang wanita harus menemui dokternya jika ia mempunyai gejala-gejala mana saja dari yang berikut:
  • Perdarahan atau kotoran vagina yang tidak biasa
  • Sulit atau nyeri buang air kecil
  • Nyeri waktu hubungan seksual
  • Nyeri pada area pelvic
Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh kanker atau kondisi-kondisi yang kurang serius lainnya. Lebih sering mereka bukan kanker, namun hanya seorang dokter yang dapat memastikan.

Diagnosis Kanker Kandungan

Jika seorang wanita mempunyai gejala-gejala yang memberi kesan kanker kandungan, dokternya mungkin memeriksa tanda-tanda umum dari kesehatan dan mungkin memerintahkan tes-tes darah dan urin. Dokter mungkin juga melaksanakan satu atau lebih pemeriksaan-pemeriksaan atau tes-tes yang dibahas pada halaman-halaman berikutnya.

  • Pelvic exam -- Seorang wanita mempunyai suatu pelvic exam untuk memeriksa vagina, kandungan, kandung kemih, dan rectum. Dokter merasakan organ-organ ini untuk segala benjolan-benjolan atau perubahan-perubahan bentuk dan ukurannya. Untuk melihat bagian atas dari vagina dan lehe rahim, dokter memasukkan suatu alat yang disebut suatu speculum kedalam vagina.
  • Pap test -- Dokter mengambil sel-sel dari leher rahim dan vagina bagian atas. Sebuah laboratorium medis memeriksa untuk sel-sel abnormal. Meskipun Pap test dapat menseteksi kanker leher rahim, sel-sel dari bagian dalam kandungan biasanya tidak terlihat pada suatu Pap test. Inilah mengapa dokter mengambil samples dari sel-sel bagian dalam kandungan pada suatu prosedur yang disebut suatu biopsy.
  • Transvaginal ultrasound -- Dokter memasukkan suatu alat kedalam vagina. Alat mengarahkan gelombang-gelombang suara berfrekwensi tinggi pada kandungan. Pola-pola dari gema-gema yang mereka hasilkan menciptakan suatu gambar. Jika endometrium tampak terlalu tebal, dokter dapat melakukan suatu biopsi.
  • Biopsy -- Dokter mengangkat suatu sample jaringan dari lapisan kandungan. Ini biasanya dapat dilakukan di ruang praktek dokter. Pada beberapa kasus-kasus, bagaimanapun, seorang wanita mungkin memerlukan suatu dilation dan curettage (D&C). Suatu D&C biasanya dilakukan sebagai operasi pada hari yang sama dengan pembiusan pada sebuah rumah sakiti. Seorang ahli patologi memeriksa jaringan untuk memeriksa sel-sel kanker, hyperplasia, dan kondisi-kondisi lain. Untuk suatu waktu yang singkat setelah biopsi, beberapa wanita-wanita mempunyai kejang-kejang dan perdarahan vagina. 

Peningkatan Kanker Kandungan

Jika kanker kandungan terdiagnosis, dokter perlu untuk mengetahui tingkat, atau luasnya, dari penyakit untuk merencanakan perawatan yang terbaik. Peningkatan adalah suatu usaha yang hati-hati untuk memastikan apakah kanker telah menyebar, dan jika ya, ke bagian-bagian tubuh yang mana.
Dokter mungkin memerintahkan tes-tes darah dan urin dan x-rays dada. Wanita itu juga mungkin mempunyai x-rays lain, CT scans, dan tes-tes ultrasound, magnetic resonance imaging (MRI), sigmoidoscopy, atau colonoscopy.
Pada kebanyakan kasus-kasus, cara yang paling dapat dipercaya untuk membuat tingkatan penyakit ini adalah mengangkat kandungan (hysterectomy). Setelah kandungan diangkat, ahli bedah dapat mencari tanda-tanda yang jelas bahwa kanker telah menyerang otot kandungan. Ahli bedah juga dapat memeriksa simpul-simpul getah bening dan organ-organ lain pada area pelvic untuk tanda-tanda kanker. Seorang ahli patologi menggunakan sebuah mikroskop memeriksa kandungan dan jaringan-jaringan lain yang diangkat oleh ahli bedah.
Ini adalah ciri-ciri utama dari setiap tingkatan penyakit:
  • Tingkat I -- Kanker hanya berada dalam tubuh kandungan. Bukan di leher rahim.
  • Tingkat II -- Kanker telah menyebar dari tubuh kandungan ke leher rahim.
  • Tingkat III -- Kanker telah menyebar keluar dari kandungan, namun belum keluar pelvis (dan belum ke kandung kemih atau rectum). Simpul-simpul getah bening pada pelvis mungkin mengandung sel-sel kanker.
  • Tingkat IV -- Kanker telah menyebar ke kandung kemih atau rectum. Atau ia telah menyebar melewati pelvis ke bagian-bagian lain tubuh.

Perawatan Kanker Kandungan

Banyak wanita-wanita yang ingin mengambil bagian yang aktif dalam membuat keputusan-keputusan tentang pelayanan kesehatan mereka. Mereka ingin belajar semua yang mereka bisa tentang penyakit mereka dan pilihan-pilihan perawatan mereka. Bagaimanapun, shock dan stres yang dapat dirasakan oleh orang-orang setelah suatu diagnosis kanker dapat membuatnya sukar bagi mereka untuk memikirkan segala sesuatu yang mereka ingin tanyakan pada dokter. Adalah seringkali bermanfaat untuk membuat suatu daftar dari pertanyaan-pertanyaan sebelum suatu janji temu. Untuk mengingat apa yang dikatakan oleh dokter, pasien-pasien dapat membuat catatan-catatan atau bertanya apakah mereka dapat menggunakan suatu tape recorder. Beberapa wanita-wanita juga ingin mempunyai seorang anggota keluarga atau teman dengan mereka ketika mereka berbicara dengan dokter -- untuk mengambil bagian dalam diskusi, untuk mencatata, atau hanya mendengarkan.
Dokter dari pasien mungkin merujuknya pada dokter-doter yang mengkhususkan diri (spesialis) pada perawatan kanker, atau ia dapat meminta referensi. Perawatan biasanya mulai dalam beberapa minggu setelah diagnosis. Ada waktu untuk wanita berbicara dengan dokter tentang pilihan-pilihan perawatannya, mendapatkan suatu pendapat kedua, dan belajar lebih banyak tantang kanker kandungan.

Mendapatkan suatu pendapat kedua

Sebelum memulai perawatan, seorang wanita mungkin ingin suatu pendapat kedua tentang diagnosis, tingkat kanker, dan rencana perawatan. Beberapa perusahaan-perusahaan asutansi membutuhkan suatu pendapat kedua; yang lain mungkin melengkapi suatu pendapat kedua jika wanita memintanya. Mengumpulkan rekaman medis dan membuat janji dengan dokter mungkin memerlukan sedikit waktu. Pada kebanyakan kasus-kasus, suatu penundaan yang singkat tidak membuat perawatan menjadi kurang efektif.
Ada sejumlah cara-cara untuk menemukan dokter untuk suatu pendapat kedua:
  • Dokter anda mugkin merujuk anda pada satu atau lebih spesialis-spesialis. Specialis-spesialis yang merawat wanita-wanita dengan kanker kandungan termasuki ahli-ahli bedah, ahli kanker ginekologis (gynecologic oncologists), ahli pengobatan kanker (medical oncologists), dan ahli radiasi kanker (radiation oncologists). Pada pusat-pusat kanker, beberapa spesialis-spesialis seringkali bekerja sama sebagai suatu regu (team).
  • NCI's Cancer Information Service, at 1-800-4-CANCER, dapat memberitahu anda tentang pusat-pusat perawatan yang berdekatan.
  • The American Board of Medical Specialties (ABMS) mempunyai suatu dafter dari dokter-dokter yang telah mendapatkan latihan dan telah lulus ujian dalam spesialisasinya. Anda dapat mencari dokter-dokter ini pada http://www.abms.org. (Click on "Who's Certified.")

Persiapan untuk Perawatan

Pilihan untuk perawatan tergantung dari ukuran tumor, stadium penyakitnya, apakah hormon-hormon wanita mempengaruhi pertumbuhan tumor, dan tingkat tumornya. (Tingkat memberitahu seberapa dekatnya sel-sel kanker menyerupai sel-sel normal dan menyarankan berapa cepatnya kanker mungkin tumbuh. Kanker-kanker tingkat rendah kemungkinan tumbuh dan menyebar lebih perlahan daripada kanker-kanker tingkat tinggi). Dokter juga mempertimbangkan faktor-faktor lain, termasuk umur dan kesehatan umum dari wanitanya.