Hemokromatosis (1) - Definisi Hemokromatosis

Definisi Hemokromatosis Keturunan

Hemokromatosis keturunan adalah penyakit genetik yang diturunkan dimana ada akumulasi besi yang berlebihan dalam tubuh (beban besi yang berlebihan). Ia adalah suatu kelainan genetik yang umum diantara bangsa kulit putih (Caucasians) di Amerika, mempengaruhi kira-kira satu diantara 240 sampai 300 Caucasians. Individu-individu yang menderita hemokromatosis keturunan mungkin tidak mempunyai gejala-gejala atau tanda-tanda (dan mempunyai usia lanjut yang normal), atau mereka dapat mempunyai gejala-gejala dan tanda-tanda yang berat dari kelebihan beban besi yang termasuk disfungsi seksual, gagal jantung, sakit-sakit sendi, sirosis hati, diabetes mellitus, kelelahan, dan penggelapan kulit.
Kandungan besi yang normal dari tubuh adalah tiga sampai empat gram. Jumlah total dari besi dalam tubuh dikontrol secara hati-hati. Tubuh kehilangan satu mg besi setiap hari dari keringat dan sel-sel yang dikucurkan dari kulit dan lapisan dalam usus-usus. Wanita-wanita juga kehilangan satu mg besi setiap hari dari menstruasi. Pada dewasa-dewasa yang normal usus-usus menyerap satu mg besi setiap hari dari makanan untuk menggantikan besi yang hilang, dan oleh karenanya, tidak ada akumulasi yang berlebihan dari besi dalam tubuh. Ketika kehilangan-kehilangan besi lebih besar, lebih banyak besi diserap dari makanan.
Pada individu-individu dengan hemokromatosis keturunan, penyerapan besi harian dari usus-usus adalah lebih besar daripada jumlah yang diperlukan untuk menggantikan kehilangan-kehilangan. Karena tubuh yang normal tidak dapat meningkatkan pengeluaran besi, besi yang terserap berakumulasi dalam tubuh. Pada angka akumualsi besi ini, seseorang dengan hemokromatosis dapat mengakumulasi 20 gram dari total besi tubuh pada umur 40 sampai 50 tahun. Besi yang berlebihan mengendap pada sendi-sendi, hati, buah-buah pelir, dan jantung, yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ ini, dan menyebabkan tanda-tanda dan gejala-gejala hemokromatosis. Wanita-wanita dengan hemokromatosis mengakumulasi besi pada suatu kecepatan yang lebih perlahan daripada pria-pria karena mereka menghilangkan lebih banyak besi daripada pria-pria yang disebabkan oleh kehilangan besi dari menstruasi dan menyusui. Oleh karenanya, mereka secara khas mengembangkan tanda-tanda dan gejala-gejala dari kerusakan organ yang disebabkan kelebihan besi 10 tahun lebih telat daripada pria-pria. 

Cara Hemokromatosis Keturunan Diturunkan (diwariskan) 

Hemokromatosis keturunan adalah suatu kelainan autosomal recessive, yang berarti suatu individu mepunyai kemungkinan mengembangkan kelebihan besi hanya jika ia mewarisi gen-gen abnormal dari kedua otangtuanya. (Suatu kelainan autosomal recessive adalah berbeda dari kelainan autosomal dominant dimana individu-individu dapat mengembangkan penyakit dengan mewarisi suatu kromosom abnormal dari hanya satu otangtua saja).
Tubuh manusia terdiri dari triliunan sel-sel. Didalam inti bagian dalam (nucleus) dari setiap sel adalah kromosom-kromosom. Setiap sel manusia mempunyai dua set dari 23 kromosom-kromosom (total 46 kromosom-kromosom). Setiap set diturunkan dari satu orangtua. Kromosom-kromosom mengandung DNA yang membawa gen-gen yang mengatur seluruh fungsi-fungsi tubuh termasuk metabolisme sel, penampilan, tinggi, kepandaian, warna rambut dan mata, dan ciri-ciri fisik lainnya. Kerusakan-kerusakan pada DNA (juga disebut mutasi-mutasi) diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, dan adakalanya dapat menyebabkan penyakit-penyakit.
Terutama ada dua mutasi-mutasi yang berkaitan dengan hemokromatosis keturunan; C282Y dan H63D. Angka-angka 282 dan 63 menunjuk pada lokasi dari kerusakan pada gen HFE yang erlokasi pada kromosom nomor 6. Seorang individu yang mewarisi dua mutasi C282Y (satu dari setiap orangtua) disebut C282Y homozygotes, dan ia mempunyai suatu kesempatan yang signifikan mengembangkan hemokromatosis. Faktanya, C282Y homozygotes bertanggung jawab untuk 95% dari kasus-kasus hemokromatosis keturunan. Pasien-pasien yang mewarisi satu mutasi C282Y dari satu orangtua dan mutasi lain H63D dari orangtua lainnya disebut compound heterozygotes. Mereka bertanggung jawab untuk tiga persen lainnya dari kasus-kasus hemokromatosis keturunan. 

Artikel terkait
Hemokromatosis