Hemokromatosis (3) - Merawat Hemokromatosis

Merawat Hemokromatosis

Perawatan yang paling efektif untuk hemokromatosis adalah mengurangi besi dalam tubuh dengan phlebotomy (mengambil darah dari vena-vena lengan tangan). Satu unit darah, yang mengandung 250 mg besi, biasanya diambil setiap satu sampai dua minggu. Serum ferritin dan transferrin saturation diperiksa setiap dua sampai tiga bulan. Sekali tingkat-tingkat ferritin berada dibawah 50 ng/ml dan transferrin saturations berada dibawah 50%, frekwensi phlebotomy-phlebotomy dikurangi ke setiap dua sampai tiga bulan. Ketika hemochromatosis didiagnosis dini dan dirawat secara efektif, kerusakan pada hati, jantung, buah-buah pelir, pankreas dan sendi-sendi dapat dicegah sepenuhnya, dan pasien-pasien mempertahankan kesehatan yang normal. Pada pasien-pasien dengan sirosis yang telah ditegakkan, perawatan efektif dapat memperbaiki fungsi jantung, warna kulit, dan diabetes; bagaimanapun, sirosis tidak dapat diubah dan risiko mengembangkan kanker hati tetap ada.
Manfaat-manfaat dari terapi phlebotomy pada hemokromatosis adalah sebagai berikut:
  • Ia mencegah perkembangan sirosis hati dan kanker hati jika penyakitnya ditemukan dan dirawat dini.
  • Ia memperbaiki fungsi hati sebagian pada pasien-pasien yang telah mengembangkan sirosis yang telah lanjut.
  • Ia memperbaiki dan/atau menghilangkan secara penuh gejala-gejala dari kelemahan, sakit/nyeri hati, sakit sendi, dan kelelahan.
  • Ia memperbaiki fungsi jantung pada pasien-pasien dengan penyakit jantung yang ringan dan dini.

Rekomendasi-Rekomendasi Diet Pada Hemokromatosis

  • Suatu keseimbagan diet yang normal direkomendasikan tanpa menghindarkan makanan-makanan yang mengandung besi dengan syarat pasien-pasien sedang menjalani terapi phlebotomy yang efektif.
  • Alkohol harus dihindari karena konsumsi alkohol meningkatkan risiko mengembangkan sirosis dan kanker hati.
  • Konsumsi dosis-dosis tinggi vitamin C pada pasien-pasien dengan kelebihan beban besi mungkin menjurus pada ritme-ritme jantung abnormal (aritmia jantung) yang fatal. Oleh karenanya, adalah masuk akal untuk menghindari suplemen-suplemen vitamin C hingga pasien-pasien dirawat secara memadai.
  • Makanan-makanan seafood mentah harus dihindari karena pasien-pasien dengan hemochromatosis berada pada risiko memperoleh infeksi-infeksi bakteri yang tumbuh dengan subur pada lingkungan yang kaya besi.

Rekomendasi-Rekomendasi Penyaringan (Screening) Untuk Kanker Hati Pada Hemokromatosis

Kanker-kanker hati (hepatoma atau kanker hepatocellular) terutama terjadi pada pasien-pasien dengan sirosis. Oleh karenanya, pasien-pasien dengan hemokromatosis dan sirosis harus mendapatkan pemeriksaan-pemeriksaan ultrasound perut dan tes-tes darah untuk alpha-fetal protein (suatu protein yang dihasilkan oleh kanker hati) setiap enam bulan.

Artikel terkait
Hemokromatosis