Leukimia (8) - Yang Terjadi Setelah Perawatan Leukimia

Yang Terjadi Setelah Perawatan Leukemia

Perawatan Yang Mendukung

Leukemia dan perawatannya dapat menjurus pada persoalan-persoalan kesehatan lain. Pasien-pasien menerima perawatan yang mendukung untuk mencegah atau mengontrol persoalan-persoalan ini dan untuk memperbaiki kesenangan (hidup) dan kwalitas hidup mereka selama perawatan.
Karena orang-orang dengan leukemia mendapat infeksi-infeksi dengan sangat mudah, mereka mungkin menerima antibiotik-antibiotik dan obat-obat lain untuk membantu melindungi mereka dari infeksi-infeksi. Regu perawatan kesehatan mungkin menasehati mereka untuk menjauh dari kumpulan orang-orang dan dari orang-orang dengan selesma-selesma dan penyekit-penyakit menular lain. Jika suatu infeksi berkembang, ia dapat menjadi serius dan harus dirawat segera. Pasien-pasien mungkin memerlukan berdiam di rumah sakit untuk perawatan.
Anemia dan perdarahan adalah persoalan-persoalan lain yang seringkali memerlukan perawatan yang mendukung. Pasien-pasien mungkin memerlukan transfusi-transfusi dari sel-sel darah merah untuk membantu mereka mempunyai lebih bayak tenaga. Transfusi-transfusi platelet dapat membantu mengurangi risiko perdarahan yang serius.
Perawatan gigi juga adalah sangat penting. Leukemia dan kemoterapi dapat membuat mulut menjadi peka, mudah terinfeksi, dan kemungkinan berdarah. Dokter-dokter sering menasehati pasien-pasien untuk mempunyai suatu pemeriksaan gigi yang komplit dan, jika mungkin, menjalani perawatan gigi yang diperlukan sebelum kemoterapi mulai. Dokter-dokter gigi menunjukan pasien-pasien bagaimana untuk mempertahankan mulut mereka bersih dan sehat selama perawatan.

Nutrisi

Pasien-pasien perlu makan dengan baik selama terapi kanker. Mereka perlu kalori-kalori yang cukup untuk mempertahankan suatu berat badan yang baik dan protein untuk mempertahankan kekuatan. Nutrisi yang baik seringkali membantu orang-orang dengan kanker merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak tenaga.
Namun makan dengan baik dapat menjadi sulit. Pasien-pasien mungkin tidak nafsu makan jika mereka merasa tidak enak dan lelah. Juga, efek-efek sampingan dari perawatan, seperti nafsu makan yang buruk, mual, atau muntah, dapat menjadi suatu persoalan. Makanan-makanan mungkin rasanya berbeda.
Dokter, ahli gizi (diet), atau penyedia perawatan kesehatan lain dapat menyarankan cara-cara untuk mempertahankan suatu diet yang sehat.

Perawatan Followup

Perawatan followup setelah perawatan untuk leukemia adalah suatu bagian yang penting dari rencana perawatan keseluruhan. Checkup-checkup yang teratur memastikan bahwa segala perubahan-perubahan pada kesehatan tercatat. Dokter dapat menemukan persoalan-persoalan dan merawat mereka sesegera mungkin. Checkup-checkup mungkin termasuk suatu pemeriksaan fisik yang hati-hati, tes-tes darah, x-rays, penyedotan sumsum tulang, atau spinal tap. Dokter dapat menjelaskan rencana followup — berapa sering pasien harus mengunjungi dokter dan tes-tes apa yang diperlukan.
NCI telah menyaipkan suatu booklet untuk orang-orang yang telah menyelesaikan perawatan mereka untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perawatan followup dan kekhwatiran-kekhwatiran lain.

Dukungan Untuk Orang-Orang Dengan Leukemia

Hidup dengan suatu penyakit yang serius seperti leukemia adalah tidak mudah. Beberapa orang-orang menemukan mereka perlu bantuan untuk menghadapi atau menguasai aspek-aspek emosional dan praktis dari penyakit mereka. Kelompok-kelompok pendukung dapat membantu. Pada kelompok-kelompok ini, pasien-pasien atau keluarga-keluarga mereka berkumpul untuk berbagi apa yang telah mereka pelajari tentang menghadapi/menguasai penyakit dan efek-efek perawatan. Pasien-pasien mungkin ingin berbicara dengan suatu anggota dari regu perawatan kesehatan mereka tentang menemukan suatu kelompok pendukung. Kelompok-kelompok mngkin menawarkan dukungan dalam diri seseorang, melalui telefon, atau di internet.
Orang-orang yang hidup dengan kanker mungkin khwatir tentang pelayanan untuk keluarga mereka, mempertahankan pekerjaan-pekerjaan mereka, atau meneruskan aktivitas-aktivitas hariannya. Kekhwatiran-kekhwatiran tentang perawatan dan mengendalikan efek-efek sampingan, opname-opname di rumah sakit, dan tagihan-tagihan medis adalah juga umum. Dokter-dokter, perawat-perawat, dan anggota-anggota lain dari regu perawatan kesehatan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perawatan, pekerjaan, atau aktivitas-aktivitas lain. Bertemu dengan seorang pekerja sosial, penasihat-penasihat, atau anggota dari keagamaan dapat bermanfaat pada mereka yang ingin berbicara tentang perasaan-perasan mereka atau mendiskusikan kekhwatiran-kekhwatiran mereka. Seringkali, seorang pekerja sosial dapat menyarankan sumber-sumber untuk bantuan keuangan, pengangkutan (transportation), perawatan rumah, atau dukungan emosional.
Cancer Information Service dapat menyediakan informasi untuk membantu pasien-pasien keluarga-keluarga mereka menemukan program-program, layanan-layanan, dan publikasi-publikasi.


Artikel terkait
Kanker Darah (Leukimia)